Daisypath Wedding tickers

Thursday, 10 January 2013

Helpdesk Part "Disable Wireless"

Kali ini gw bahas masalah yang sepele, tapi orang-orang gak pernah aware sama yang beginian. Hanya karena masalah ini, orang-orang menyalahkan infrastruktur network kantor. Yang katanya lemot lah, putuslah, huehehehehe kan kan jadi curcol. Btw, kita fokus lagi ke masalah yang crusial ini. "Disable Wireless or Network/LAN" yuph kejadian ini sudah sering terjadi, namun sangat disayangkan orang-orang selalu aja menyalahkan yang seharusnya tidak disalahkan. Ckckckckck...

Beberapa user datang ke meja penolong aka helpdesk, lapor notebooknya tidak bisa internet. Dengan sedikit menghela nafas gw coba cek laptopnya si user. Gw coba buka si mbah google emang ga bisa kebuka. Gw cek koneksinya, ternyata  ga connect ke SSID manapun. Nah disitu gw mulai curiga, jangan-jangan ni wireless device nya belum dinyalain. Gw liat mode On/Off di laptopnya, naahhh bener kan kecurigaan gw terbukti. Si user lupa menggeser mode On/Off pada laptopnya. Ya salaammm... ser user... ada-ada aja dah. Huehehehehe...

Pernah ada lagi terjadi di PC, laporannya ga bisa connect internet sama sekali. Pas gw cek ke empunya, ternyata network/LAN nya dalam mode disable. Akhirnya gw ngomel deh ke usernya. Tapi ya seperti biasa, kadang ada user yang tidak mau disalahkan karena ke isengan tangannya yang suka ngutak-ngatik settingan PC.

Sebagai advice, kalo ada kejadian atau laporan user yang bilang ga bisa connect internet, jangan langsung men-judge kalau itu ada gangguan infrastruktur network. Langkahnya :

  1. Cek koneksi wifi jika user menggunakan laptop. Caranya dengan melakukan perintah "PING" pada IP Address wireless device. Jika reply, berarti wireless device dalam keadaan normal.
  2. Cek proxy. Lakukan perintah "PING" pada proxy. Jika reply, berarti tidak ada masalah dengan proxy.
  3. Cek posisi Wireless device pada perangkat user. Apakah dalam keadaan On atau Off. Jika On namun tetap tidak bisa melakukan koneksi, masuk ke Control Panel kemudian klik "Network and Sharing Center", klik "Change Adapter Wireless". Nah di menu ini bisa dilihat adapter wireless-nya di disable atau tidak.
  4. Nah, kalo step 1,2 dan 3 OK. Coba dilihat pengaturan Proxy pada browser, apa sudah sesuai dengan ketentuan yang ada?
  5. Kalau ternyata step 1,2,3 dan 4 dalam keadaan OK semua dan masih ga bisa connect internet, baru deh tanyain ke Network Administrator. Siapa tau memang ada gangguan di Network-nya.
Nah...segitu aja sharing kali ini, mudah-mudahan berguna buat pembaca sekalian. See you on the other helpdesk part :) bye...        
 

0 comments: